Loading...
SD Katolik Santa Maria I Malang
Jln. Halmahera No.16 Kasin, Klojen, Malang, Jawa Timur, 65117

Belajar Dari Rumah? Siapa Takut!
Editor: Michael      Rabu, 16 September 2020
Image

“Aduh aku nggak bisa belajar kalau nggak ada gurunya!”, “Aku kangen temen-temen nih, belajar di sekolah lebih enak!” Mungkin dalam masa pandemi ini sobat STAMSA sudah sering medengar atau malah menyebutkan kalimat-kalimat tersebut. Memang sih masa pandemi ini mengharuskan kita belajar dari rumah melalui metode daring (dalam jaringan) atau yang lebih kita kenal sebagai sistem belajar onlin, namun tidak semudah itu menjalaninya. Banyak kendala yang timbul mulai dari kuranganya pengawasan di rumah, tidak tahu harus bertanya kepada siapa ketika kesulitan, paket data yang cepat habis, bahkan sampai jaringan internet yang lambat turut menjadi kendala sobat STAMSA dalam belajar di rumah.

Dari begitu banyaknya kendala, yakin nih nggak ada dampak positif dari belajar di rumah? Tentu saja ada. Ternyata belajar dari rumah juga memiliki banyak dampak positif lho sobat STAMSA. Kita sudah siapkan dampak positif belajar di rumah untuk para sobat STAMSA, yuk disimak!

 

1.    MELATIH KEMANDIRIAN ANAK DALAM BELAJAR

Tidak selalu berada di bawah pendampingan orang tua ketika belajar, melatih anak untuk belajar lebih mandiri. Lebih bertanggung jawab akan dirinya, dan semakin menyadari bahwa dirinya juga membutuhkan belajar. Dengan begitu, anak akan terlatih untuk menentukan kapan jam belajar, kapan saya harus istirahat, kapan saya harus bermain. Ketika tidak memahami suatu materi pun, anak akan terbiasa untuk melatih dirinya sendiri, belajar berulang-ulang agar dirinya memahami materi tersebut.

 

2.    ANAK LEBIH MUDAH DALAM MENANGKAP MATERI

“Ah masa iya lebih mudah menangkap materi jika di rumah?” tentu saja! Mengapa bisa demikian? Materi yang diberikan guru berupa video ataupun rangkuman materi dapat dengan mudah kamu putar ulang atau baca lagi hingga sobat STAMSA paham. Berbeda dengan di sekolah yang karena keterbatasan waktu mungkin bapak/ibu guru hanya bisa menerangkan satu sampai dua kali dan kalian lupa. Namun dengan video kalian bisa memutarnya berkali-kali hingga paham, sungguh membantu kan? Terutama untuk sobat STAMSA yang belajar dengan gaya belajar auditori akan sangat terbantu mendengarkan berkali-kali materi tersebut.

 

3.    BEBAS MENENTUKAN SISTEM BELAJAR

Manfaat lainnya dari belajar di rumah adalah, sobat STAMSA bebas menentukan sistem belajar yang akan sobat STAMSA gunakan di rumah. Misal : kalian tipe yang suka belajar ditemani musik, kalian dapat belajar sambil mendengarkan lagu kesayangan di rumah. Jika di sekolah tentu akan kesulitan mendapat kesempatan tersebut. Begitu juga bagi kalian yang doyan ngemil atau suka menyepi dalam belajar, cukup dengan masuk kamar ditemani setoples camilan favorit sudah memberi kesan belajar yang menyenangkan. Bagaimana pikiran kalian mulai berubah tentang beljar dari rumah? Jika belum masih ada manfaat lainnya, simak terus ya!

 

4.    MELATIH KEPERCAYAAN DIRI

Ketika di sekolah sobat STAMSA mungkin pernah mengalami takut bertanya pada guru, atau takut menyampaikan pendapat di depan teman-teman sekelas karena takut salah. Sekarang pelan-pelan sobat STAMSA bisa berani berpendapat melalui forum diskusi online, karena tidak perlu bertatap muka dengan kawan yang lain. Kalian juga bisa bertanya kepada guru tanpa perlu takut jika pertanyaan itu dianggap lucu dan sebagainya.

 

 

5.    BEBAS MENENTUKAN JAM BELAJAR

Menurut saya ini adalah hal paling asik dari belajar di rumah. Kita bisa bebas menentukan kapan kita au belajar. Kita tidak perlu terpatok mulai belajar pukul 07.00 hingga pukul 13.00 kita bebas memulai belajar pukul berapa, bagi tipe belajar malam hari tentu sangat menyenangkan bisa belajar malam hari. Atau untuk kalian bertipe moody, jika suasana hati sedang tidak baik kalian bisa rehat belajar sejenak dan melanjutkannya ketika perasaan sudah membaik.

 

6.    MENINGKATKAN KEHANGATAN KELUARGA

Ketika dulu sebelum belajar di rumah seberapa sering kalian dapat bertemu dengan kakak / adik kalian? Berapa lama waktu yang kalian gunakan untuk duduk dan ngobrol bersama? Bandingkan dengan sekarang, setelah kalian belajar dari rumah. Kalian pasti lebih sering bertemu dan berkumpul bersama kakak, adik , dan juga orang tua kalian. Banyak kesempatan yang bisa kalian habiskan bersama.

Dengan belajar di rumah, kamu bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan kehangatan keluarga mu semakin bertambah. Hubungan antara kamu dan anggota keluarga lainnya akan lebih dekat dan harmonis.

 

Tidak sangka ternyata banyak juga ya dampak positif dari belajar di rumah. Tentu saja kita semua ingin pandemi segera berlalu, dan semua dapat kembali normal seperti semula. Namun setidaknya masih ada hal-hal yang bisa membuat kita bersyukur atas kondisi kita sekarang ini. Jika masih ada manfaat yang belum tertulis sobat STAMSA tambahakan di kolom komentar ya!

Copyright (C) 2020 SD Katolik Santa Maria I Malang


Install aplikasi Android Logo Playstore
Login Siswa
Login Alumni